Wednesday, January 21, 2009

Strategi Belajar Menjelang SPMB 2009

Cukup banyak metode belajar secara efektif dan efisien yang sudah dikenal. Misalnya, cara membaca sistem SQ3R, yaitu Survey (penelitian pendahuluan), Question (membuat pertanyaan), Read (membaca), Recite (mengulang), dan Review (mempelajari kembali secara menyeluruh). Langkah-langkah praktis belajar:

1. Buat program belajar untuk kurun waktu sekarang sampai ujian meliputi mata pelajaran yang akan diujikan pada testing. Belajarlah setiap hari dan bagi-bagi waktu yang ada untuk memantapkan teori dasar, menghafal rumus-rumus dan mengerjakan soal-soal untuk setiap mata pelajaran. Lamanya waktu belajar tidak harus sama, tergantung pada penguasaan yang telah dimiliki untuk masing-masing materi mata pelajaran. Kemudian buat ringkasan rumus-rumusnya.

Materi yang diujikan pada SPMB mayoritas berasal dari materi pelajaran di kelas XI. Kondisi ini mengharuskan para siswa sudah mulai menyiasati SPMB sejak dini, yaitu sejak awal kelas 3 SMA karena persiapan selama beberapa bulan menjelang SPMB saja terasa kurang.

2. Kerjakan soal-soal SPMB sebelumnya. Kerjakan dengan batas waktu tanpa melihat catatan, seolah-olah dalam keadaaan tes yangs sesungguhnya. Setelah selesai, periksa jawaban dengan kunci yang ada untuk mengkaji berapa persen jawaban yang benar. Jawaban yang salah atau kosong harus dikerjakan kembali, akan tetapi kalau masih terbentur jangan malu bertanya kepada siapapun.

3. Analisis soal-soal SPMB selama lima tahun terakhir, kemudian kelompokkan soal-soalnya untuk mendapatkan data statistik materi dan tipe soal yang paling sering muncul untuk setiap bidang studi. Atas dasar ini siswa bisa lebih mempertajam persiapan belajar terhadap topik-topik yang lebih besar kecenderungan keluarnya pada SPMB. Dengan kata lain, cara belajar akan efektif atau tepat sasaran.

No comments:

Post a Comment

Learn English Easy and Fun With Video

Lintas Berita - Dimana berita berita terbaik melintas

Liputan6 : RSS2 Feed

detiknews - detiknews

Article of the Day